Apa Itu Sejarah ?

Thursday, November 13, 2014


(Gambar tersedia di: http://caberawitonline.com/jangan-sekali-kali-melupakan-sejarah)

   Seorang tokoh besar Indonesia pernah berkata, "JAS MERAH (Jangan Sekali-kali Melupakan Sejarah)". Berdasarkan perkataan Soekarno, presiden Indonesia yang pertama ini dapat disimpulkan bahwa sangat pentingnya kita untuk mempelajari sejarah. Namun sebelumnya, kita harus terlebih dahulu mengetahui apa yang dimaksud dengan sejarah ? Berikut ini akan disajikan pengertian sejarah baik itu secara etimologis maupun berdasarkan pandangan beberapa ahli


A. Definisi
1.   Pengertian Sejarah secara Etimologis :
Dalam bahasa Inggris, sejarah disebut history yang berarti masa lampau. Dalam hal ini masa lampau umat manusia. Kata history sendiri berasal dari Yunani, historia yang artinya ilmu. Dalam bahasa Jerman disebut geschicht yang berarti sesuatu yang telah terjadi. Kedua kata itu memberikan arti yang sesungguhnya, yaitu sesuatu yang telah terjadi dalam kehidupan umat manusia di masa lampau.
Dalam bahasa Arab disebut syajarotun, artinya pohon. Sejarah sering diumpamakan sebuah pohon yang terus berkembang dari bumi ke udara dan mempunyai dahan, daun, bunga serta buah. Hal itu menyerupai perkembangan pada kehidupan manusia. Namun ada pula yang mengartikan sejarah sebagai silsilah raja-raja. Sebab jika pohon itu dibalik, ranting dan dahannya berada di bawah akan tampak seperti silsilah atau asal-usul kehidupan manusia.
Sejarah berkembang sesuai dengan perkembangan kehidupan manusia dari tingkat yang sederhana ke tingkat yang lebih maju atau modern. Oleh karena itu, sejarah tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Sejarah berkembang sesuai dengan perkembangan kehidupan manusia dari tingkat yang sederhana ke tingkat yang lebih maju atau modern. Oleh karena itu, sejarah tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia.

2.  Pengertian Sejarah menurut Beberapa Ahli :
a).  Aristoteles (Filsuf Yunani), sejarah berarti suatu penelitian yang sistematis mengenai gejala alam (terutama yang menyangkut kehidupan manusia) dalam urutan kronologis.
b). G. R. Elton dan Henri Pirenne, sejarah adalah suatu hasil studi tentang perbuatan dan hasil-hasil kehidupan manusia dalam masarakatnya di masa silam.
c). Herodotus: Sejarah ialah satu kajian untuk menceritalan suatu perputaran jatuh bangunnya seseorang tokoh, masyarakat, dan peradaban.
d).  Moh. Ali : Dalam bukunya "Pengantar Ilmu Sejarah Indonesia”, Moh. Ali menegaskan bahwa kata sejarah mengandung arti sebagai berikut : Sejumlah perubahan-perubahan, kejadian-kejadian, dan peristiwa dalam kenyataan disekitar kita.; Cerita tentang perubahan, kejadian dan peristiwa yang merupakan realitas. Ilmu yang bertugas menyelidiki perubahan, kejadian, peristiwa yang merupakan realitas.
e). Ibnu Khaldun : Dalam bukunya yang berjudul “Mukadimah”, Ibnu Khaldun mendefisikan sejarah sebagai catatan tentang masyarakat umat manusia atau peradaban dunia dan tentang perubahan-perubahan yang terjadi pada watak masyarakat.

B. Kesimpulan

Berdasarkan beberapa definisi tersebut di atas, maka dapat saya simpulkan bahwa sejarah adalah suatu pengkajian ilmu tentang cerita, kisah, maupun peristiwa di masa lalu mengenai serangkaian kejadian-kejadian yang berhubungan dengan aktivitas kehidupan manusia untuk kemudian dideskripsikan ataupun direkonstruksikan.

C.  Daftar Pustaka

Iskandar, Yoseph dkk. 2001. Sejarah Banten. Jakarta: Triyana Sjam’un Corp.
Matroji. 2007. Sejarah SMA/MA Kelas X. Jakarta: Bumi Aksara.
Supardan, Dadang. 2011. Pengantar Ilmu Sosial: Sebuah Kajian Pendekatan Struktural. Jakarta: Bumi Aksara.

Baca juga: Tips Cara Membuat Anotasi Bibliografi Buku Sumber Sejarah 
                 Mengenal Multikulturalisme, Seberapa Tahukah Anda? 
                 Komparasi 2 (dua) Buku dari Aspek Metodologisnya
                 Ini Pendapatku, Mana Pendapatmu ?

                       Apakah Benar, di Cadas Pangeran Sumedang

0 comments:

Post a Comment